Rabu, 22 Mei 2013

Belajar Membuat Server NAS dengan FreeNAS

Belajar Membuat Server NAS dengan FreeNAS

Beberapa hari ini saya lagi asik ngoprek FreeNAS dikantor, teman-teman mungkin bertanya apa sih FreeNAS itu he3? ini dia jawabannya:
“FreeNAS is an embedded open source NAS (Network-Attached Storage) distribution based on FreeBSD, supporting the following protocols: CIFS (samba), FTP, NFS, TFTP, AFP, RSYNC, Unison, iSCSI (initiator and target) and UPnP. It supports Software RAID (0,1,5), ZFS, disk encryption, S.M.A.R.T/email monitoring with a WEB configuration interface (from m0n0wall).

Installer FreeNAS bisa didownload disini :
Sedangkan tutorialnya terdokumentasi dengan baik disini:
Pada kesempatan kali ini saya mencoba membuat File sharing (CIFS/Samba) dan FTP server. Basic konfigurasi FreeNAS cukup user friendly karena sudah mendukung Web/GUI. Tinggal klak-klik dan isi parameter yang dibutuhkan.
Topology yang digunakan adalah sebagai berikut :
Server di sambungkan ke Storage, distorage saya membuat 4 buah volumes dengan kapasitas masing-masing 100GB, 1 Volume saya beri nama FTP dan 1 volume lagi saya beri nama CIFS, 2 volumes lagi saya biarkan untuk backup, volume ftp saya mount ke /mnt/ftp dan volume CIFS saya mount ke /mnt/CIFS. Untuk konfigurasi tersebut bisa dikonfigure dimenu storage di FreeNAS.

Nah untuk menjalankan services seperti CIFS (samba), FTP, NFS, TFTP, AFP, RSYNC, Unison, iSCSI (initiator and target) and UPn bisa dikonfigure padamenu Services. Klik services yang akan dikonfigure (pilih tanda kunci inggris),lalu isi parameter yang dibutuhkan, dan jangan lupa save dan enable (ditandai dengan warna biru). saya mencoba mengaktifkan fitur SSH,FTP dan CIFS(samba) pada kesempatan kali ini.

Sebagai informasi server saya memiliki ip address 10.165.9.245/24
default ip 192.168.1.250/24
default user:admin
default pass:freenas
dan ini dia hasilnya:
[1].Pengujian dengan SSH

[2].Pengujian dengan FTP (client)
ftp://10.165.9.245

[3].Pengujian denga CIFS(window client)
\\10.165.9.245

Atau untuk memudahkan akses, kita maping volume CIFS(samba) tersebut, kali ini saya maping dengan drive E:


[4].Pengujian dengan CIFS/Samba menggunakan linux (Suse)
smb://10.165.9.245

Sekian sharing pengalaman dari saya, mudah-mudahan bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar